Pemikiran Untuk Rencana Strategis ITB Onno W. Purbo onno@itb.ac.id , yc1dav@mobilenet.co.id Versi: 19 Juli, 1998 Sifat naskah secara umum * Naskah ini jauh dari sempurna! & Naskah ini bukan merupakan ide saya pribadi. * Naskah ini akan berkembang terus sesuai dengan masukan / saran yang ada melalui berbagai kesempatan & media, seperti: itb@itb.ac.id & indonesia-panel@itb.ac.id * Naskah ini berusaha untuk memfokuskan pada kunci practical yang paling penting yang perlu diperhatikan. * Mohon maaf sebelumnya jika beberapa hal yang mungkin terlalu kontroversial. Usulan Visi Dasar seluruh pola fikir akan diturunkan dari visi utama, visi sentral utama yang diusulkan / diasumsikan adalah: ITB must lead the transformation towards knowledge based Indonesian society Beberapa ciri / konsekuensi utama dari visi tersebut: * ITB harus memimpin, terdepan, terbaik (Ichiban) & memegang peran significant dalam proses transformasi traditional society menuju (towards) knowledge based Indonesian society. * Knowledge & orientasi servis terhadap society / community menjadi parameter utama. ITB adalah industri jasa / servis. * Knowledge bukan hanya sekedar informasi; substansi, paper, seminar, konferensi, aktifitas penelitian, aktifitas mahasiswa menjadi primary dalam strategi, evaluasi & penilaian luaran. * Dimensi fisik, dimensi ruang, dimensi waktu, dimensi struktural, dimensi birokrasi menjadi secondary dalam strategi, evaluasi & penilaian keluaran. Dalam beberapa kondisi dimensi fisik menjadi irrelevant. * Berorientasi outward looking & tidak inward looking yang mementingkan diri ITB sendiri; society & community service / satisfaction merupakan salah satu parameter utama. Knowledge based Indonesian society: * Simply to say, bangsa Indonesia harus bisa bermodal otak bukan otot untuk membeli sembako. * Produsen knowledge bukan konsumen knowledge & informasi. Paradigma & Model Pergeseran paradigma & model global yang di usulkan untuk di anut / identifikasi (sebagian besar keterangan paradigma ini ada di naskah NUSANTARA-21): Knowledge / Substantif * Knowledge generation & knowledge distribution (quality assurance imbedded). * Distributed knowledge & collective wisdom (networking is a key to it). * Rapid knowledge development & adaptive to change ® Knowledge producer. * Rapid information flow & rapid changing (Web year) Faktor Manusia / Budaya * From teaching based ® learning based on collective knowledge accumulation. * Long life (never ending) education (belajar sebagai kebiasaan / kultur) * generation lap (teacher always left behind:-) ... * Resource sharing, multidicipline & multicultural (interaksi multi sources) * Society audit & accredited. Beberapa komentar tentang strategic & action plan * Sulit membuat satu komprehensif action plan yang dapat adaptif memprediksi perkembangan ke depan karena segala sesuatu akan berubah dengan sangat cepat. * Action plan harus keep in mind perubahan yang cepat, kemampuan adaptiasi yang tinggi adalah keharusan yang tidak bisa di tawar dalam global society. * Mekanisme utk rapid changing harus imbedded dalam berbagai strategi & action yang dilakukan. Platform komunikasi / diskusi & informasi menjadi sangat strategis. Beberapa strategi kunci yang diusulkan Sektor Substantif * Platform / forum untuk rapid diskusi & komunikasi / antara senat, eksekutif, staff, mahasiswa & alumni; Platform ini penting untuk proses iterasi / feedback / open evaluation / society audit & adaptif / character building / re-engineering platform. Internet hanya salah satu alternatif. * Akumulasi locally generated knowledge; perpustakaan & mekanisme akumulasi paper / thesis / dll menjadi sangat startegis. Konsekuensi IPR dalam knowledge distribution perlu di perhatikan (I personally don't buy any IPR concept in a rapid knowledge development society). * Re-engineering teaching & learning methodology imbedded collective learning & knowledge accumulation / building / manegemnet. Learn how to learn. * Fokus pada sektor ekonomi rakyat banyak (contoh agroindustry) & supporting systemnya. Termasuk IT sebagai supporting system. Sektor Servis / Jasa * Global certification & professional accreditation; say ISO9000 / MCP / MCSE / MCT / P.Eng. * Orientasi global, kerjasama luar negeri & pengiriman SDM ke manca negara. * Partnership & Mutual collaboration pada tingkat nasional & regional dengan berbagai lembaga pendidikan / research centers komersial / industri; negosiasi pada tingkat nasional untuk insentif kerjasama dengan dunia pendidikan * Total Customer Satisfaction & rapid communication dengan community menjadi kunci, contoh services: * direct services for general community * services for the industrial communities * collaborative efforts with other government and scientific institutions Sektor Manajemen / Supporting System. * Re-engineering management kampus, utk menghilangkan dimensi fisik kampus; contoh negosiasi pada tingkat DIKTI utk menghilangkan batasan fisik kampus dalam operasional universitas; konsep mahasiswa part-time, mahasiswa profesional dll. * Re-engineering management kampus, untuk menghilangkan dimensi waktu & membuat proses pendidikan menjadi lebih adaptif terhadap perubahan / changing. Waktu belajar menjadi lebih fleksible. * Re-engineering financial independency, ITB corporate, pay what you get, distributed financial authority, proses audit & open management. Imbedded business plan for cash flow.